man7jakarta

MAN 7 JAKARTA JL. Binawarga 99 Kp. Kalibata Srengseng Sawah Jakarta Selatan Telp. 7864201

Minggu, 01 Mei 2016

GURU MAN 7 MENGIKUTI SEMINAR LITERASI INTERNASIONAL

Tidak ada komentar :
GURU MAN 7 MENGIKUTI SEMINAR LITERASI INTERNASIONAL

Jakarta ( Humas Man 7). Guru Man 7 Jakarta mengikuti seminar Literasi  dan Pelatihan Guru 32 Jam Literasi Produktif dan E-Library, yang bertempat di Aula Graha Utama Gedung A Lantai 3 Kemdikbud Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta. seminar yang diselenggarakan oleh Samsung dan PT.Eduspec Indonesia ini menghadirkan Bambang Trim, Direktur Akademi Literasi dan Penerbitan Indonesia ( ALINEA ) Ikapi pusat, Founder Institut Penullis.id. dan Karene Lee, Eduspec Holdings Berhad Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam pemaparan materi Bambang Trim  menyampaikan Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi.

tentang   Literasi Informasi beliau mengutip pendapat ahli  Brian Fergusan, “terdiri dari empat model, Basic Literacy, Library Literacy, Media Literacy dan Technology Literacy”. Literasi Informasi adalah kemampuan untuk mengetahui ketika ada kebutuhan informasi, serta untuk dapat mengidentifikasikan, menemukan, mengevaluasi,  dan efektif menggunakan informasi guna menangkap suatu masalah didepan mata.



Bacaan adalah gerbang utama untuk menulis. Membaca itu pekerjaan mudah, menulis akan menjadi lebih mudah karena membaca. Banyak orang beralasan tidak bisa menulis karena ruang dan waktu, Menulis bukan bakat dan bisa dilatih  tidak ada satu bidangpun didunia ini yang lepas dari tulis menulis menurut Bambang Trim di hadapan para peserta seminar yang dihadiri lebih dari 300 peserta, yang tampak antusias mendengarkan.

Seminar yang diikuti oleh peserta dari luar jabodetabek menghadirkan sponsor utama Samsung dan  12 penerbit  di Indonesia, keberadaan Samsung menawarkan kemudahan bagi para penulis dan calon penulis dalam menuangkan ide-idenya ke dalam tablet samsung ataupun mencari referensi buku digital yang sudah terprogram kedalam tablet Samsung.
Menurut Nurkamila,M.Pd sebagai salah satu peserta seminar mengatakan ,”biarpun terkesan berjualan dari para sponsor tapi seminar ini cukup memberikan solusi bagi para guru yang akan menghidupkan gerakan literasi di sekolah,”  karena setelah mengikuti pelatihan 32 jam Literasi Produktif akan ada tindak lanjut sehingga para peserta dapat menghasilkan produk tulisan tambahnya. (Lindi)


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar