Full width home advertisement

Info HUMAS

Info KESISWAAN

Post Page Advertisement [Top]



MAN 7 JAKARTA GELAR WORKSHOP PENDIDIKAN KARAKTER



JAKARTA ( Humas Man 7) , Model Pembelajaran Pendidikan Karakter dalam Praktik Kelas dengan Pendekatan Literasi Kritis, Materi yang disampaikan oleh praktisi Pendidikan Retno Listyarti, S.Pd, M.SI, pada workshop MAN 7 Jakarta sabtu 23 Juli 2016. Retno  menyatakan Pengajaran adalah istilah yang mewakili peranan dominan guru sebagai pengajar, sedangkan pembelajaran menuntut peran aktif siswa sekaligus mengoreksi peranan dominan guru. Oleh karena itu, istilah pengajaran dan pembelajaran bukan hanya istilah teknis, tetapi istilah yang memangku perubahan paradigma itu sendiri.
Lebih lanjut beliau mengatakan “Perubahan paradigm pembelajaran adalah merupakan tuntutan dari reformasi pendidikan, yang merupakan perubahan mendasar dari pengajaran menjadi pembelajaranyang tertuangp dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Sisdiknas ),”
Menurut Retno yang juga Guru SMA 13 Jakarta ini dalam bukunya “ Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif “ kita dapat menggali karakter siswa melalui model pembelajar Role Play atau bermain peran, dan sumber belajar tidak hanya berasal dari teks tertulis saja siswa juga bisa menjadi sumber belajar.
“Kemampuan menyimak dan berbicara yang sudah dimiliki seseorang secara alamiah tidaklah cukup tanpa melatih kebiasaan membaca dan menulis, disinilah pentingnya literasi kritis dalam proses pembelajaran sebagai upaya membudayakan menulis dan membaca”. Tambah sekjen FSGI ini, yang selalu menyempatkan membaca minimal 15 menit setelah bangun tidur dan mau tidur.pada akhir presentasinya beliau juga memaparkan kiprah FSGI dan FMGJ dalam memajukan pendidikan nasional. (Lindi Humas Man 7)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]