Full width home advertisement

Info HUMAS

Info KESISWAAN

Post Page Advertisement [Top]

         Madrasah Aliyah Negeri 7 Jakarta mengikuti Festival Musikalisasi Puisi  Tingkat DKI Jakarta, 4-7 Oktober 2015.di Hotel Swiss-Belresidence, kalibata, Jakarta. yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Siswa dan siswi yang terpilih mewakili Festival Musikalisasi Puisi kali ini adalah, Aldi Prayoga dari kelas XI IPA 3, Annisa Aulia Zhafira XI IPA 3, Gusnine Sari Maulida XI IPA 3, Maharani Afifah Widyasari XI IPA 3,Muhammad Farhan XII IPA 1, dan Adella Fauziah XI IPS 1.
       Kegiatan Festival ini diikuti oleh 17 tim musikalisasi puisi tingkat SMA yang ada di provinsi DKI Jakarta. Setiap tim terdiri atas 3-6 orang yang disertai oleh pendamping.Pelatih sekaligus Pembina tim musikalisasi puisi di MAN 7 Jakarta adalah Ibu Nurkamila , M.Pd. beliau adalah guru Bahasa Indonesia.
     Musikalisasi puisi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menyampaikan dan mengekspresikan puisi kepada audiens. Pada puisi yang disampaikan dengan cara musikalisasi, alat bantu utamanya ada pada musik (irama, nada, tempo, dan sebagainya). Musik dalam musikalisasi puisi diolah sedemikian rupa sebagai hasil dari penafsiran puisi yang dilakukan oleh pembuat musikalisasi puisi. Jenis penyampaiaan puisi dengan cara dimusikalisasi banyak macamnya. Akan tetapi, yang penting musik yang  di buat adalah semata untuk kepentingan puisi. Dengan demikian, musik tersebut dapat menyampaikan pemahaman dan penghayatan  tentang puisi itu kepada orang yang mengapresiasikannya.
     Dalam kegiatan ini dilakukan penilaian terhadap penampilan para peserta oleh juri untuk menentukan enam penampil terbaik. Adapun kriteria penilaian meliputi penafsiran/interpretasi dan penghayatan, harmoni kepaduan, vocal, dan tekhnik penyajian (tekhnik dan kelompok) kegiatan  festival  seperti ini akan sangat membantu siswa/siswilebih sering di adakan sehingga bisa  meningkatkan kompetensi guru di bidangnya, dan di aplikasikan di satuan kerja masing-masing dan bisa  meningkatkan kemampuan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]