SELAMAT DATANG CALON PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2018/2019

Latest Posts

SELAMAT DATANG BULAN RAMADHAN 1439 H

Kamis, 19 April 2018

WARGA MAN 7 JAKARTA SIMULASI MITIGASI BENCANA KEBAKARAN

Zakiyah siti





396 warga MAN 7, Srengseng Sawah Jakarta Selatan mengikuti simulasi mitigasi bencana kebakaran. Melalui simulasi tersebut  warga MAN 7 di harapkan lebih waspada dan tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi  kebakaran.

Konsektor X Jagakarsa Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Paryo mengatakan, dalam kegiatan ini para siswa dan guru diberikan berbagai materi.

"Kami harapkan warga MAN 7 dapat mengetahui penyelamatan diri saat terjadi kebakaran". Ia juga menyebutkan, beberapa materi yang diberikan diantaranya terkait tata cara evakuasi saat awal terjadi bencana kebakaran. termasuk juga cara menangani kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

Kami juga mengenalkan peran serta pihak sekolah, siswa kelas X-XI(336), guru dan karyawan(60) dalam menangani kebakaran," ungkapnya. dalam simulasi ini siswa juga diajarkan cara menaggulangi kebakaran dengan cara tradisonal seperti karung, kain dan handuk basah. Dan tata cara penanggulangan kebakaran menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Jakarta, Rabu (18/4)/zacky





Jumat, 13 April 2018

PENGUMUMAN PPDB MAN 7 JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MAN TujuhJakarta


PENGUMUMAN
Nomor: B- 278 /Ma.09.07/PP.006/04/2018
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
MADRASAH ALIYAH NEGERI 7 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  1. PERSYARATAN
1.    Usia maksimum 21 tahun pada tanggal 16 Juli 2018
2.    Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) print out dari situs www.nisn.data.kemendiknas.go.id
3.    Memiliki Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran
4.    Mengikuti Seleksi

  1. Langkah – Langkah Pendaftaran
1.    Data yang disiapkan untuk pendaftaran
-       Email gmail dan password untuk login
-       Nilai Raport semester 1 sampai semester 5
-       Kartu Keluarga
-       NISN
2.    Buka website : http://ppdb.man7jakarta.sch.id/

  1. JADWAL PELAKSANAAN

No
KEGIATAN
TANGGAL
KETERANGAN
1
Pendaftaran secara online
21 April - 3 Mei 2018
Online
2
Pengumuman peserta yang berhak mengikuti tes
05 Mei 2018
Online
3
Cetak kartu tes
06 Mei 2018
4
Tes Seleksi
07 - 08 Mei 2018
Dilaksanakan di MAN 7 Jakarta
5
Pengumuman lulus tes
11 Mei 2018
Online
6
Daftar ulang dan verifikasi data
12-15 mei 2018
Dilaksanakan di MAN 7 Jakarta
7
Daftar ulang cadangan (apabila ada yang mengundurkan diri)
21 mei 2018
8
Tes bakat skolastik
03 Juli 2018
9
Hari pertama masuk madrasah (MOPD)
16 Juli 2018

     
  1. MATERI SELEKSI
1.    Umum : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Pengetahuan Agama
2.    Peminatan IPA : Fisika dan Biologi
3.    Peminatan IPS : Ekonomi, Sejarah, dan Geografi
4.    Tes baca tulis Al Qur’an, Ibadah, dan Wawancara (wawancara tidak didampingi orang tua/wali)

Rabu, 28 Maret 2018

Membangun Jiwa Seorang Paskibra Lebih Disiplin, Kreatif dan Inovatif, MAN 7 Jakarta Selenggarakan ARDASIA

Elinda Koto

Jakarta (Humas MAN 7 Jakarta) – MAN 7 Jakarta selenggarakan perlombaan Paskibra tingkat SMP/MTs Se-derajat, dan tingkat SMA/MA Se-derajat di wilayah JABODETABEK (Open). Dengan penuh khitmad, seluruh  peserta melakukan apel pembukaan kegiatan ARDASIA  (ajang kreatifitas pemuda Indonesia) di lapangan MAN 7 Jakarta. (25/11)

“Dengan adanya ARDASIA bisa membangun Jiwa yang lebih disiplin, kreatif dan inovatif sesuai dengan tema yang ada”  ujar Triisnadian dalam sambutannya pada apel pembukaan. “Diharapkan juga terbangunnya tali silaturahmi antar sekolah berjalan dengan baik”  sambung Triisnadian, kepala MAN 7 Jakarta.

Lomba ARDASIA ini diikuti oleh 23 peserta SMP/MTs Se-derajat (25/11) dan 34 peserta SMA/MA Se-derajat  (26/11) diwilayah JABODETABEK (Open). Ada pula peserta yang dari luar Pulau Jawa. Technical Meeting dilakukan terlebih dahulu pada Sabtu (21/11) di MAN 7 Jakarta.

“Tim juri berasal dari TNI yang terdiri dari 5 orang dengan kriteria penilaian meliputi PBB (Peraturan Baris Berbaris), VAFOR (Variasi Formasi) dan kostum” ungkap Yusridah, M.Si selaku pembina osis MAN 7 Jakarta. “Peserta terjauh berasal dari Medan” lanjut Yusridah, M. Si.

Bagi penonton yang masuk dikenakan tiket dengan harga Rp 15.000,00. Dan pembelian tiket ini akan diundi untuk diberikan 2 buah Handphone sebagai Doorprizenya.

 “Kegiatan ini awalnya terinspirasi dari lomba-lomba yang kami ikuti. Kami tidak menyangka bahwa ARDASIA ini berjalan dengan lancar dan sukses,” Ujar Syifa Fauzia siswa MAN 7 Jakarta yang menjadi salah satu panitia ARDASIA. “Rasa bangga, karena MAN 7 baru pertama menyelenggarakan kegiatan ini, dan langsung mendapat respon dan diikuti oleh peserta dari luar pulau” sambung Syifa Fauzia. /Elin.

Membuka Pagi dengan Alunan Tamyiz Di MAN 7 Jakarta

Elinda Koto

Membuka Pagi dengan Alunan Tamyiz Di MAN 7 Jakarta

Jakarta (Humas MAN7 Jakarta) – Bentangan terpal berwarna orange menghiasi setiap Selasa pagi di lapangan MAN 7 Jakarta. Pemandangan seperti ini menandakan kegiatan  Tamyiz siap dilaksanakan.

Kegiatan Tamyiz diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru-guru MAN 7 Jakarta. Seluruh peserta didik duduk secara berkhalaqoh-khalaqoh dan didampingi oleh dua guru yang bertindak selaku pembimbing dalam setiap khalaqoh ini.

“Kegiatan Tamyiz ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai ke-Islaman dalam  mendalami makna dari kandungan Alqur’an serta memperkuat kompetensi dalam pembelajaran bahasa Arab” ujar Drs. Triisnadian, M.Pd., selaku kepala MAN 7 Jakarta.

“Pada kegiatan ini, setiap peserta didik menerjemahkan kata per kata dalam setiap ayat Al-Qur’an. Dalam praktek menerjemahkan ayat-ayat  Al-Qur’an, peserta didik sudah dibekali pengetahuan tentang jenis kata di dalam Al Quran apakah itu huruf, isim atau fi’il beserta ciri-cirinya. Dalam proses pembekalannya, agar mudah dihapal dan masuk alam bawah sadar, pengenalan tentang huruf, isim dan fi’il diajarkan dengan nyanyian-nyanyian agar menyenangkan. Dan ini sangat sering diulang. Dengan pembiasaan dan pengulangan seperti ini siswa dapat dengan mudah menerjemahkan kata per kata ayat-ayat Al Quran” tutur Teguh Priyanto, M.Pd. guru MAN 7 Jakarta yang bertindak selaku pembimbing kegiatan.

“Asyik dan  menyenangkan dalam mengikuti kegiatan Tamyiz ini karena selain  bisa mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an, penyampaiannya pun dilakukan dengan cara yang menyenangkan,” ungkap Anwar siswa kelas XII IIS 2 yang telah hafidz 26 juz ini./Elin

Kamis, 26 Oktober 2017

Calon Pengurus OSIS MAN 7 Jakarta Laksanakan LDKO di Bekang Kostrad Cibinong Bogor

Elinda Koto




Bogor (Humas MAN 7 Jakarta) --- Calon pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Negeri 7 Jakarta melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDKO) di Bekang Kostrad Cibinong Bogor. Kegiatan berlangsung selama dua hari (18-19 Oktober 2017).


“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa sebagai generasi muda bangsa Indonesia dengan memberikan karakter kepemimpinan siswa sejak dini” Ujar Kapten Sudaryanto dalam sambutannya pada penutupan LDKO, Kamis (19/10) . 


LDKO kali ini  diikuti oleh para calon pengurus OSIS MAN 7 Jakarta periode 2017-2018 yang berjumlah 40 siswa. Pada kegiatan ini  para calon pengurus OSIS MAN 7 Jakarta diberikan materi wawasan nasionalisme, wawasan kepemimpinan, kegiatan baris berbaris dan pelaksanaan outbound.


“Dengan adanya kegiatan LDKO yang bekerja sama dengan Bekang Kostrad Cibinong Bogor ini diharapkan para calon pengurus OSIS MAN 7 Jakarta dapat lebih  memupuk sifat kedisplinan dan rasa tanggung jawab yang sangat dibutuhkan bagi seorang anggota osis” Ujar Lindianawati, M.Pd.,  wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan.


Kegiatan ini juga mendapat tanggapan positif dari peserta.  “Kegiatannya seru karena langsung dididik oleh orang-orang professional dari  TNI. Semoga kedepannya OSIS MAN 7 Jakarta lebih baik lagi” ungkap Annisa Kencana Ninggrum, salah satu peserta LDKO.

Visitor Counter

Our Team

  • TriisnadianKepala Madrasah
  • GiyantaKepala Tata Usaha
  • Wisnu ArniadyWakil Bidang Kurikulum
  • Teguh PriyantoWakil Bidang Kesiswaan
  • M. DjuhriWakil Bidang Humas
  • SuparnaKetua Komite